Kamis, 03 November 2011

Hal-Hal yang Dapat Mengingatkan Mati

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuhu.
Mengingatkan kematian adalah suatu hal yang dianjurkan oleh Rasul, dengan ini kita sebagai hamba-Nya akan lebih memperhatikan tentang kehidupan akhirat.

Dalam Islam, diajarkan amalan-amalan yang bisa membantu manusia untuk mengingat mati
. antara lain :

1. Ziarah Kubur

     Pada awalnya, Rasulullah melarang umatnya ziarah kubur karena ketika itu akidah seorang
mukmin masih rapuh, sehingga dikhawatirkan menimbulkan kemusyrikan dan kekafiran yakni meminta-minta
kepada ahli kubur, bukan kepada Allah. Namun, ketika aqidah sahabat Nabi telah kokoh, mendalam pengetahuannya, dan mengetahui tujuan ziarah kubur, maka Nabi justru menyuruh atau menganjurkan.


terdapat Sabda Rasulullah yaitu :

"Aku (dulu) telah melarang kamu semua ziarah kubur, maka ziarahlah (sekarang), karena ia mengingatkan akhirat dan membuat zuhud (tidak suka kemewahan) dalam masalah dunia".


2. Mengunjungi Orang Sakit
Dalam hal ini terdapat Sabda Rasulullah :
"Haknya orang muslim atas orang muslim (lain) ada enam : jika bertemu, ucapkan salam kepadanya. jika ia memanggil, maka jawablah. jika ia minta nasehat kamu, maka berilah nasehat. jika ia bersin kemudian memuji Allah, maka do'akanlah. jika ia sakit, maka kunjungilah. dan jika ia meninggal, maka ikutilah (jenazahnya)".  
 (HR. Muslim)

3. Rajin Tahlil
Tahlil merupakan tradisi Indonesia yang berisi bacaan Al Qur'an, shalawat, membaca tasbih, istighfar, kalimah thayyibah, dan do'a.
Sabda Rasulullah :
"Tidak berkumpul suatu kaum dalam satu rumah dari rumah-rumah Allah, mereka membaca kitab-kitab Allah dan mengajinya diantara mereka, kecuali turun kepada mereka ketenangan, datang kepada mereka kasih sayang, para malaikat melingkupi mereka, dan Allah mengingat mereka beserta orang yang ada di sisi-Nya".  (HR. Abu Hurairah).

4. Menghadiri Pemakaman 
Ketika kita menghadiri pemakaman, lihatlah dan fikirkan bahwa suatu saat nanti kita yang sehat sekarang, berjaya, yang cantik, yang tampan,  penguasa, kuat, dan sebagainya pasti masih akan tetap menyusuli mereka. karena kematian tidak memandang siapapun..

Alhamdulillah..
Mungkin hanya ini yang bisa saya berbagikan ilmu untuk kita semua. semoga kaum muslim dan muslimat dapat membagikan ilmunya juga. 
Ini semoga bermanfaat. Aamiin Yarabbalalamin
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuhu.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Template by:
Free Blog Templates